Ini Bahaya Yang Mengintai Ibu Hamil Dengan Hepatitis

Ini bahaya yang mengintai ibu hamil dengan hepatitis – Kehamilan merupakan periode emas bagi semua pasangan yang sudah menikah, terutama bagi sang ibu.

Untuk itu, Anda harus benar-benar menjaga kesehatan tubuh Anda semasa kehamilan. Karena diketahui ibu hamil lebih rentan terkena penyakit, salah satunya hepatitis virus. Meskipun terbilang jarang.

Ini Bahaya Yang Mengintai Ibu Hamil Dengan Hepatitis

Pada dasarnya penyakit hepatitis bisa menyerang siapa saja, tak terbatas usia dan jenis kelamin. Di negara-negara berkembang , wanita hamil cenderung lebih mudah terserang hepatitis virus karena masalah sanitasi dan juga nutrisi yang buruk.

Hal ini dapat dimengerti karena memang yang menjadi penyebab signifikan seseoerang terkena hepatitis virus adalah karena lingkungan yang buruk dan juga masalah nutrisi yang kurang memadai.

Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa 9,5% hepatitis virus terjadi di usia trimester pertama, 32% terjadi di trimester II, dan sebanyak 58% terjadi pada usia trimester III.

Lantas, Apa pengaruh hepatitis pada kehamilan?

Pada wanita hamil dnegan trimester pertama atau paling lambat trimester kedua, mungkin masih dikatakan sedikit beruntung karena gejala-gejala yang ditimbulkan tidak terlalu berat.

Namun, meski gejalanya terbilang ringan, Anda wanita hamil dengan hepatitis harus tetap menjalani pemeriksaan, atau bahkah dirawat di Rumah Sakit agat tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Dan kalaupun ada, Anda bisa langsung mengkonsultasikannya dengan dokter Anda.

Sedangkan pada wanita hamil yang memasuki trimester ketiga tau sebentar lagi akan melahirkan, hepatitis virus ini akan berbahaya bagi kehamilannya.

Para praktisi kesehatan menyimpulkan bahwa berat dan ringannya gejala hepatitis virus pada kehamilan bergantung pada kecukupan gizi Anda.

Jika Anda tidak mendapatkan gizi yang baik, terlebih kekurangan protein maka infeksi virus akan memberikan gejala-gejala yang lebih berat.

Selain Anda (ibu hamil), hepatitis ini juga bisa memengaruhi kondisi janin dalam kandungan Anda. Baik itu ketika masih berada di dalam kandungan ataupun ketiak dilahirkan.

Penularannya bisa terjadi dengan beberapa cara, yakni melewati plasenta, air susu ibu (ASI), terjadinya kontak langsung antara ibu dan bayinya, dan saat bayi terkontaminasi darah atau tinja ketika proses persalinannya.

Baca : Bahaya, dampak, serta komplikasi penyakit hepatitis A bila terlambat ditangani

Hindari posisi yang salah saat menyusui untuk meminimalisir terjadinya gangguan pada puting yang menyebabkan puting Anda berdarah, dan bisa menjadi sarana penularan hepatitis virus.

Untuk itu, Anda harus-benar-benar menjaga kesehatan serta asupan gizi yang baik semasa kehamilan. Terutama Anda yang telah lebih dulu terdiagnosa hepatitis, lalu hamil.

Jenis hepatitis yang berbahaya bagi wanita hamil

Hepatitis paling berbahaya yang mengintai ibu hamil sebenarnya hanyalah hepatitis E. Risiko tingginya ketika ibu hamil terkena hepatitis virus E adalah kematian maternal, dengan kata lain keguguran.

Sedangkan untuk wanita hamil yang terkena hepatitis A, B,C, dan D tidak terlalu berbahaya. Asalkan dibarengi dengan cukup gizi dan perawatan medis yang memadai.

Ini Bahaya Yang Mengintai Ibu Hamil Dengan Hepatitis

Langkah pencegahan hepatitis pada masa kehamilan

  • Memastikan kecukupan gizi, terutama mencukupi kebutuhan proteinnya.
  • Memberikan immunoglobulin sebanyak 0,1cc/kg pada wanita hamil yang mengalami kontak langsung dengan penderita hepatitis.
  • Untuk proses kehamilan berikutnya, sebaiknya diberi jarak minimal 6 bulan setelah terjadinya persalinan pertama.

Demikian beberapa informasi mengenai bahaya yang mengintai ibu hamil dengan hepatitis. Untuk meminimalisir hepatitis virus semakin berkembang, Anda juga perlu menjaga kebersihan baik di dalam rumah atau lingkungan sekitar. Karena virus apapun akan dengan mudah berkembang biak ditempat kotor alias tidak bersih.

Sejatinya, melakukan upaya pencegahan lebih baik dibandingkan pengobatan.

Rekomendasi pengobatan herbal : QnC Jelly Gamat (QJU) obat hepatitis alami terbaik, yang aman bagi ibu hamil dan janin.

Ini Bahaya Yang Mengintai Ibu Hamil Dengan Hepatitis