Gejala Kanker Mulut Stadium Awal yang Harus Diwaspadai!

Gejala Kanker Mulut Stadium Awal yang Harus Diwaspadai!

Gejala kanker mulut stadium awal harus diwaspadai! Kanker mulut memang termasuk kanker yang jarang terjadi. Namun pernah dengarkah Anda mengenai seorang istri yang menceritakan kondisi awal sang suami mengidap kanker mulut yang sedang viral akhir-akhir ini di salah satu media sosial?

Ya, pada tahap awal kanker ini memang hampir mirip gejalanya dengan sariawan biasa. Namun pada saat itulah justru kanker semakin berkembang dan sulit untuk dikendalikan.

Gejala Kanker Mulut Stadium Awal yang Harus Diwaspadai!

Kanker mulut bisa muncul di permukaan gusi, langit-langit, lidah dinding mulut, hingga area bibir. Dan bahkan bisa sampai mengganggu tonsil (amandel).

Meski termasuk ke dalam jenis kanker yang jarang, tetapi kanker mulut ini sangat mematikan karena adanya kanker pada mulut bisa menyebabkan Anda sulit makan.

Jika Anda kekurangan asupan nutrisi tentu saja akan membuat kondisi tubuh Anda semakin lemah.

Jadi jika kanker terdiagnosa sejak stadium awal, kemungkinan hidup penderita kanker mulut pada dasarnya cukup tinggi yakni mencapai kisaran 83%, karena sel kanker masih berkembang dalam ukuran relatif kecil dan belum meluas, termasuk belum menyentuh kelenjar getah bening terdekat.

Untuk itu, Anda harus mengenali ciri-ciri atau gejala kanker mulut stadium awal guna mendapatkan penyembuhan lebih mudah dan bisa terbebas dari jerat kanker mulut yang mematikan tersebut!

Lantas, apa saja gejala dan ciri-ciri kanker mulut stadium awal? Berikut beberapa di antaranya.

Gejala Kanker Mulut Stadium Awal yang Harus Diwaspadai!

√  Luka / sariawan di mulut yang tak kunjung sembuh

Adanya luka yang tak kunjung sembuh di dinding mulut atau bagian mulut lainnya dapat dicurigai sebagai salah satu gejala kanker mulut. Bentuknya mungkin lebih besar dari sekedar sariawan biasa dan terasa lebih dalam menuju dinding mulut, serta menimbulkan rasa yang sangat menyakitkan.

Baca juga : Inilah perbedaan sariawan dan kanker mulut yang harus diketahui

√  Mulut terasa kaku

Efek mulut terasa kaku ini terjadi karena sel kanker mempengaruhi kinerja saraf pada mulut. Terkadang, pasien bisa jadi kesulitan mengunyah dan berbicara.

√  Adanya Benjolan di mulut

Selain luka, gejala kanker mulut yang kerap muncul juga bisa berupa benjolan yang terjadi pada permukaan dinding mulut.

Benjolan cukup terlihat, terasa dan akan menimbulkan rasa nyeri bila ditekan dan terkadang akan muncul semacam penebalan pada lidah atau gusi.

√  Adanya pigmen atau noda pada mulut

Kanker mulut stadium awal juga bisa dikenali dengan adanya kerusakan pada jaringan dinding mulut seperti munculnya noda kecoklatan, merah merona atau kebiruan yang tak kunjung hilang di dinding mulut.

√  Mulut sulit merasakan (mati rasa)

Bentuk lain dari gejala kanker mulut adalah ketidak mampuannya untuk merasakan semua makanan atau mati rasa.

Keluhan yang berasal dari kerusakan sistem saraf pada mulut dan lidah ini membuat lidah tak lagi bisa merasakan dan semua makanan akan terasa hambar.

√  Gusi melunak dan gigi mudah tanggal

Tanda kanker mulut lain yang kerap muncul adalah melunaknya gusi dan gigi mudah goyang atau tanggal.

Jika Anda sering mengalami kondisi di mana gigi mudah goyang dan bahkan lepas secara terus-menerus, sebaiknya segera ambil tindakan medis sebelum sel-sel kanker tersebut menyebar dan menimbulkan kondisi yang lebih parah.

Meski kanker mulut termasuk jenis kanker yang jarang, namun kanker ini masuk dalam urutan ke 11 sebagai kanker yang paling banyak menyebabkan kematian dalam daftar WHO.

Baca juga : Ragam makanan pemicu kanker mulut berkembang

Jadi, jika Anda saat ini mengalami gejala-gejala seperti yang telah disebutkan di atas, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter karena seperti yang Anda ketahui, jika kanker terdeteksi sedari awal, sel kanker akan mudah dijinakkan dan dihentikan perkembangannya.

Atau sebagai pencegahannya, Anda bisa melakukan beberapa langkah pencegahan kanker mulut berikut ini sebelum gejala-gejala tersebut muncul. Dan hal-hal yang dapat dilakukan di antaranya:

  • Hindari mengkonsumsi alkohol dalam jumlah banyak.
  • Kurangi atau kalau bisa STOP merokok.
  • Menjaga kesehatan dan kebersihan mulut, salah satunya dengan menggosok gigi secara teratur.
  • Makan-makanan sehat antikanker, misalnya kacang-kacangan, buah, sayuran berdaun gelap, teh hijau, serta bawang putih yang dapat dijadikan sebagai obat untuk mencegah kanker.
  • Hindari makanan yang dapat memicu timbulnya kanker seperti makanan yang kaya sodium dan mengandung alkohol.
  • Jangan terlalu sering terkena sinar matahari, seperti pada jam-jam tertentu sinar matahari tak sehat untuk daya tahan tubuh. Gunakan perlindungan dari sinar matahari seperti penggunaan pelembab bibir ber-SPF .
  • Ketahui riwayat penyakit keluarga Anda
  • Olahraga teratur agar terhindar dari berbagai ancaman penyakit, khususnya kanker mulut.

Baca juga : Tanaman tradisional penyembuh kanker mulut dan cara pembuatannya

Itulah sedikit informasi yang telah admin rangkum dari berbagai sumber kesehatan terpercaya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda mengenai apa gejala dari kanker mulut stadium awal yang harus diwaspadai!

Terimakasih telah berkunjung dan menyimak sampai akhir, sampai jumpa di artikel berikutnya…

Posted by : Gejala Kanker Mulut Stadium Awal yang Harus Diwaspadai! on QnC Obat Hepatitis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *