Peluang Hidup Bagi Penderita Kanker Pankreas

Peluang hidup bagi penderita kanker pankreas – Tak dapat dipungkiri bahwa kanker seringkali membuat Anda yang menderitanya menyerah dan pasrah dengan kondisi kanker yang bersarang di tubuh.

Penyakit yang amat ganas ini seolah tanpa ampun merusak tubuh penderitanya. Dan tidak sedikit, orang yang menderitanya menjadi korban keganasan si kanker.

Peluang Hidup Bagi Penderita Kanker Pankreas

Hal serupa pun terjadi pada kanker pankreas, yang relatif jarang diderita warga dunia.

Dikutip dari lifestyle.kompas.com, dua sosok ternama menyerah karena penyakit ini. Mereka adalah Steve Jobs, pemilik perangkat teknologi Apple, dan ahli forensik terkemuka Indonesia dr Mun’im Idris SpKF.

Menurut onkolog RS Dharmais, Jakarta, dr Ronald Hukom SpPD, K-HOM, kanker pankreas memang sangat ganas.

“Kesempatan hidup lima tahun pada penderita kanker pankreas kurang dari 20 persen, walau baru stadium 1. Hal ini dikarenakan ganasnya sel kanker yang tumbuh di area tersebut,” jelasnya saat ditemui Kompas Health di Jakarta, Selasa (9/9/2013).

Keganasan kanker pankreas juga didukung oleh lokasi organ yang sulit dijangkau.

Ronald menjelaskan, pankreas berada pada sistem pencernaan bagian bawah di belakang lambung. Lokasi tersembunyi ini menyebabkan sulitnya mengangkat sel kanker pada pankreas, berbeda dengan payudara atau usus besar.

Kondisi ini pula yang menyebabkan kanker pankreas relatif mudah kambuh.

Lokasi kanker pankreas yang ngumpet ini juga berakibat pada gejala yang relatif lambat. Penderita biasanya mulai merasa tidak nyaman bila perut terasa sakit yang menyebar sampai ke punggung, atau kulit tampak kekuningan ( jaundice ).

Padahal, dua gejala tersebut menandakan bahwa kanker sudah masuk pada stadium lanjut.

Jaundice atau kekuningan merupakan tanda sel kanker berhasil menghalangi saluran pada organ hati. Akibatnya, bilirubin yang merupakan hasil pemecahan sel darah merah yang sudah tua, tidak bisa masuk ke dalam hati.

Kondisi inilah yang menyebabkan kulit Anda (penderita kanker pankreas) tampak kekuningan di beberapa lokasi.

Saking ganasnya serangan kanker pankreas menyebabkan pilihan pengobatan yang tersedia tidak banyak. Ronald menjelaskan, penderita pankreas harus menjalani operasi dan kemoterapi untuk memperbaiki kualitas hidupnya.

Ronald mengatakan, “Kemoterapi diambil untuk memperkuat efek operasi yang dijalankan. Untuk kemoterapi biasanya penderita mengonsumsi obat jenis gemsitabin. Namun keduanya juga tidak banyak memberi kesempatan hidup bagi penderitanya rata-rata hanya dua tahun.”

Keganasan kanker pankreas seolah tidak memberi banyak jalan bagi Anda penderitanya untuk sembuh.

Dengan minimnya pengobatan yang tersedia, langkah utama agar terhindar dari ganasnya penyakit ini adalah dengan cara mencegah terjadinya kanker.

Baca : Cara mencegah dan mengobati kanker pankreas secara menyeluruh

Langkah preventif utama agar terhindar dari ganasnya penyakit kanker pankreas adalah dengan tidak merokok.

Hampir sama dengan semua jenis kanker, racun dalam rokok akan terbawa dalam aliran darah. Racun inilah yang nantinya memicu pertumbuhan sel tidak wajar pada pankreas, dan menjadi awal berkembangnya sel kanker.

Langkah preventif selanjutnya ialah menjaga berat badan, dengan selalu memperhatikan keseimbangan asupan nutrisi Anda. Hal ini juga sekaligus menjaga produksi insulin yang dihasilkan pankreas.

Apabila kadar gula yang masuk ke dalam darah terlalu tinggi, maka insulin harus diproduksi lebih banyak.

Produksi insulin yang terus meningkat inilah yang nantinya akan memicu ketidakseimbangan sel dalam pankreas, yang kemudian memicu pertumbuhan kanker.

Jika kondisi ini terus berlanjut, insulin tidak bisa lagi mengubah gula menjadi energi, dan terjadilah penyakit diabetes.

“Peluang kanker pankreas terbesar tetap pada perokok. Sepanjang menghindari rokok, kanker apapun bisa dicegah. Hal sama berlaku pada perempuan atau laki-laki.”

Untuk itu, bagi Anda para perokok baik aktif ataupun pasif sebaiknya tinggalkan kebiasaan buruk tersebut jika tidak ingin terjangkit ganasnya penyakit kanker pankreas.

Itulah Informasi mengenai seberapa besarkah peluang hidup bagi penderita kanker pankreas, semoga dengan mengetahui hal ini, Anda yang masih dalam kondisi sehat bisa tersadar dan lekas meninggalkan pemicu munculnya kanker mulai dari sekarang.

Posted by : Peluang Hidup Bagi Penderita Kanker Pankreas