Penyebab dan Ciri-Ciri Utama Kanker Pankreas

Penyebab dan Ciri-Ciri Utama Kanker Pankreas

Penyebab dan ciri-ciri utama kanker pankreas – Sama seperti jenis-jenis kanker pada umumnya, kanker pankreas terjadi akibat adanya pertumbuhan tumor atau jaringan abnormal. Bedanya, kanker pankreas tumbuh pada pankreas.

Dikutip dari kompas.com, menurut laporan Pancreatic Cancer Action Network, pada bulan Agustus 2012, kanker pankreas menjadi penyebab kematian nomor tiga terkait kanker.

Dan diperkirakan pada tahun 2020, kanker ini menjadi penyebab kematian terkait kanker peringkat nomor dua.

Jika kanker pankreas terdeteksi sejak dini sebelum menyebar, ada kemungkinan penyakit ganas ini dapat diobati dengan mudah.

Penyebab dan Ciri-Ciri Utama Kanker PankreasHampir 25 persen penderita yang terdeteksi dini memiliki tingkat kelangsungan hidup selama kurang lebih lima tahun.

Namun sayangnya, kebanyakan kanker pankreas tidak diketahui sejak awal. Sebagian besar karena tidak ada tes untuk mendeteksi sini yang dapat diandalkan dan sebagian lagi karena gejala kanker pankreas yang sering tidak jelas dan spesifik.

Nah, untuk itu pada artikel kali ini admin akan membahas mengenai penyebab dan gejala utama kanker pankreas agar jika Anda mengalami tanda-tanda tersebut bisa mengurangi keganasan kanker tersebut dan penyakit bisa diobati.

Penyebab dan Ciri-Ciri Utama Kanker Pankreas yang Harus Anda Kenali

Kanker pankreas stadium awal pada umumnya bisa terjadi tanpa gejala atau hanya menimbulkan gejala samar-samar yang serupa dengan penyakit lain.

Akan tetapi, jika Anda mengalami satu atau lebih gejala beriku, Pancreatic Cacer Action Network menganjurkan Anda untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

  • Berat badan menurun, karena tubuh tidak mampu mencerna makanan yang masuk akibat enzim yang diproduksi pankreas terganggu.
  • Kehilangan selera makan. Muncul perasaan mual dan muntah, sehingga tidak nafsu makan.
  • Kulit gatal dengan penyakit kuning. Kanker pankreas menyebabkan ukuran pankreas membesar sehingga dapat menekan saluran empedu, sehingga pasien tampak kuning. Air kencing juga menjadi berwarna coklat seperti teh.
  • Mual dan muntah
  • Nyeri konsisten (biasanya di perut atau punggung). Ini karena tumor menekan serabut saraf yang ada di abdomen.
  • Peradangan pada pankreas (pankreatitis)
  • Tinja berwarna terang atau berminyak
  • Kadar gula darah rendah
  • Sumbatan saluran pencernaan. Sel-sel kanker yang terus tumbuh dapat menekan usus halus dan duodenum, sehingga menghalangi transportasi makanan yang dicerna dari lambung ke usus.

Baca : Peluang hidup penderita kanker pankreas

Faktor penyebab kanker pankreas

Sampai saat ini penyebab pasti kanker pankreas belum diketahui. Namun menurut informasi dari Kepala Bidang Medis Pancreatic Cancer Axtion Network, Victoria Manax Rutson,MD, penelitian telah mengidentifikasi faktor-faktor risiko tertentu yang dapat meningkatkan kemunkginan seseorang menderita kanker pankreas, yakni meliputi:

  • Faktor genetik / riwayat keluarga

Apabila Anda memiliki dua atau lebih kerabat tingkat pertama yang pernah menderita kanker pankreas atau pernah terkena kanker pankreas sebelum usia 50 tahun, Anda berisiko terkena kanker pankreas.

  • Penyakit lain seperti diabetes dan panreatitis

Orang dengan pankreatitis kronis dan diabetes tipe 2 memiliki risiki lebih besar menderita kanker pankreas

Penyebab dan Ciri-Ciri Utama Kanker Pankreas

  • Merokok

Merokok dapat menyebabkan sekitar 20-30 persen dari semua kanker pankreas eksokrin, yakni bagian pankreas yang bertugas membuat enzim untuk mencerna makanan.

  • Usia

Risiko kanker pankreas akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Karena kebanyakan orang yang didiagnosis kanker pankreas berusia lebih dari 60 tahun.

  • Ras dan etnis
  • Jenis kelamin

Diketahui, pria yang menderita kanker pankreas sedikit lebih banyak dibanding wanita.

  • Obesitas
  • Pola makan

Pola makanjuga mempengaruhi risiko Anda terserang penyakit ini. Pola makan tinggi daging merah dan makanan olahan dapat meningkatkan risiko terkena kanker pankreas.

Anda sebaiknya beralih ke pola makan sehat dengan rajin mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran karena dapat menurunkan risiko kanker pankreas.

Kanker pankreas tentu saja bukan penyakit ringan yang dapat sembuh dengan sendirinya. Penyakit ini perlu penanganan khusus dan cepat guna menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker menyebar ke organ dalam lainnya.

Umumnya terapi yang diberikan untuk mengobati kanker tergantung dari stadium serta lokasi kanker itu sendiri.

Pada kanker pankreas, tujuan utama terapi adalah untuk mengeliminasi sel-sel kanker jika memungkinkan, atau paling tidak mencegah pertumbuhan sel kanker lebih lanjut dan meminimalisir bahaya.

Dan beberapa pilihan terapi yang diberikan pada pasien kanker pankreas biasanya adalah tindakan operasi, kemoterapi, dan radioterapi.

Sumber : mediskus.com, lifestyle.kompas.com

Untuk meminimalisir efek samping dari pengobatan medis tersebut, Anda bisa memiliki pengobatan alternatif kanker pankreas menggunakan obat herbal.

Obat herbal juga dipercaya tak kalah hebat dalam membantu melawan pertumbuhan sel-sel kanker ganas, tentu saja harus dilakukan secara rutin dan teratur untuk mendapatkan kesembuhan optimal hingga sembuh total.

Rekomendasi Pengobatan » Walatra Zedoril 7 ( ZDU ) Obat Herbal Khusus Kanker

Itulah informasi mengenai penyebab dan gejala utama kanker pankreas yang perlu Anda ketahui guna mendapatkan penanganan penyakit lebih cepat jika Anda mengalami penyakit ganas ini.

Semoga artikel kami kali ini bermanfaat dan membantu menambah wawasan Anda mengenai kanker pankreas.

Posted by : Penyebab dan Ciri-Ciri Utama Kanker Pankreas on Obat Hepatitis