4 Hal Penyebab Terjadinya Kegagalan Fungsi Hati Akut dan Kronis

4 Hal Penyebab Terjadinya Kegagalan Fungsi Hati Akut dan KronisTelah kita semua ketahui bahwa terjadinya kegagalan fungsi hati merupakan suatu kondisi yang mengancam jiwa dan memerlukan penanganan cepat untuk mencegah gangguan hati yang lebih parah.

Baca : Cara mengobati kegagalan hati secara alami tanpa transplantasi

Pada kebanyakan kasus, gagal hati atau gagal liver terjadi secara bertahap dalam beberapa waktu, berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun.

Namun dalam kasus tertentu gagal hati dapat terjadi dengan cepat atau dikenal sebagai gagal hati akut dan terjadi dengan cepat ( kurang dari 45 jam ).

Kasus gagal hati akut sangat sulit untuk dideteksi dari awal, maka dari itu mengetahui apa yang menjadi faktor penyebab sangat diperlukan guna mencegah penyakit serius tersebut datang di hidup Anda.

Penyebab kegagalan fungsi hati secara umum

Kebanyakan kasus kegagalan hati disebabkan oleh Hepatitis B, C, penyakit sirosis, malnutrisi dan hemochromatosis ( kelainan bawaan yang menyebabkan tubuh menyerap dan menyimpan terlalu banyak zat besi ).

Namun selain itu, ada beberapa faktor lain yang juga dapat menyebabkan terjadinya kegagalan fungsi hati. Beberapa di antaranya yakni:

Terlalu sering mengonsumsi obat

Terlalu sering mengonsumsi obat memiliki efek buruk salah satunya adalah kerusakan organ hati. Beberapa antidepresant, stabilisator suasana hati, bila digunakan berlebihan dapat menyebabkan kerusakan hati, dan bahkan penyakit lainnya.

Acetaminophen (Tylenol) overdosis

Yang berlebihan itu memang sangatlah tidak baik, termasuk bila Anda mengonsumsi obat termasuk suplemen atau vitamin sekalipun jika dosisnya tidak tepat bukan kesembuhan yang didapat, namun akan semakin memperparah kondisi yang ada.

Kelebihan penggunaan suplemen gizi dapat menyebabkan peningkatan produksi enzim hati yang berakibat munculnya peradangan dan jaringan parut organ.

Kelebihan asupan garam

Asupan garam yang tinggi dapat selain dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, lama-kelamaan juga bisa meningkatkan retensi air di hati dan nantinya akan membengkak.

Hal ini dapat menyebabkan peradangan hati dan kerusakan organ. Jika kebiasaan ini dilakukan dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan organ ireiversebel.

Mengonsumsi alkohol berlebihan dan dalam jangka waktu panjang

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang minum alkohol lebih cenderung menderita masalah yang berhubungan dengan organ hati.

Alkohol merupakan salah satu penyebab untuka terjadinya penyakit hari seperti peradangan, lemak hati dan sirosis.

Hati memiliki fungsi untuk mengurai makanan dan mengubahnya menjadi energi. Otomatis ketika hati mengalami kerusakan karena cairan alkohol, sel-selnya pun akan ikut rusak dan mengalami kegagalan fungsi.

Baca : 10 fakta menakjubkan tentang organ hati manusia

Tips, dan Langkah-Langkah Mencegah Kegagalan Fungsi Hati

  • Melakukan vaksinasi hepatitis atau imunoglobulin untuk mencegah tertular hepatitis A dan B
  • Menjalani diet yang sehat
  • Batasi konsumsi alkohol. Dan bila perlu stop konsumsi alkohol
  • Meningkatkan kebersihan diri
  • Jangan menyentuh produk darah atau urine dengan tangan telanjang
  • Jangan berbagi peralatan mandi, seperti sikat gigi atau pisau cukur dengan orang lain
  • Jangan melakukan penyuntikan obat secara ilegal
  • Jangan berbagi jarum suntik dengan orang lain
  • Pastikan menggunakan kondom saat berhubungan seksual

Baca : Manfaat vaksinasi hepatitis B untuk anak dan dewasa

Itulah sedikit informasi mengenai penyebab gagal hati akut dan kronis yang dapat admin bagikan. Semoga dengan mengetahui apa yang menjadi penyebabnya dapat meningkatkan kewaspadaan Anda terhadap penyakit serius ini.

4 Hal Penyebab Terjadinya Kegagalan Fungsi Hati Akut dan Kronis