Ini Perbedaan Sariawan dan Kanker Mulut

Perbedaan Sariawan dan Kanker Mulut

Mengenali perbedaan sariawan dan kanker mulut merupakan salah satu langkah awal agar kanker mulut dapat diobati dan dicegah sedini mungkin.

Karena, jika sudah masuk pada tahap lanjut kanker ini sangat sulit untuk disembuhkan dan kemungkinan besar mendapatkan kesembuhan secara total pun lebih kecil.

Untuk itu, pada artikel kali ini admin akan membahas mengenai perbedaan gejala sariawan dan kanker mulut yang harus Anda ketahui dan tentunya waspadai!

Ini Perbedaan Sariawan dan Kanker Mulut

Ini Perbedaan Sariawan dan Kanker Mulut

Sariawan memang bukanlah suatu penyakit mulut serius. Akan tetapi jika sariawan di mulut tak kunjung sembuh dalam waktu yang lama, sariawan bisa saja merupakan pertanda kanker mulut dan tenggorokan.

Dr. Achmad Hudoyo Sp.PK, dokter spesialis paru-paru Rumah sakit persahabatan Jakarta mengemukakan, “Sariawan yang tidak menimbulkan rasa sakit merupakan salah satu gejala kanker mulut dan kanker tenggorokan.”

Menurut bliau, kita harus bersyukur bila sariawan yang dialami menimbulkan rasa sakit, karena itu bukan kanker.

Sariawan atau stomatitis aftosa merupakan suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka, yang umumnya berupa bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung.

Dikutip dari berbagai artikel kesehatan, menurut drg. Febrina Rahmayanti , Sp. PM, Dokter Gigi Spesialis Penyakit Mulut Rumah Sakit Pondok Indah tersebut menyebutkan bahwa, salah satu hal yang membedakan sariawan dengan kanker mulut adalah dari lama waktunya.

Dikatakan, apabila gejala sariawan biasa akan sembuh dalam kurun waktu 7-14 hari.

Namun, apabila gejala sariawan tersebut tak kunjung sembuh hingga lebih dari 3-4 minggu, maka kondisi ini perlu diwaspadai karena bisa menjadi awal gejala dari kanker mulut.

Baca juga : Bahaya dan efek negatif merokok bagi kesehatan rongga mulut

Selain itu, gejala lain yang membedakan sariawan dengan kanker mulut adalah apabila sariawan tak kunjung sembuh dan lokasi sakitnya menetap di satu tempat saja, misalnya luka hanya terjadi di bibir bagian dalam.

Sedangkan sariawan biasa lukanya akan cenderung berpindah (tidak menetap di satu tempat). Kadang, sariawan bisa muncul di bibir bagian dalam, pipi bagian dalam hingga tepi lidah.

Berbeda dengan sariawan, kanker mulut juga memiliki ciri-ciri umum lain seperti rasa sakit yang dialami tidak sepadan dengan besarnya ulserasi.

“Jika diraba keras, ada indurasi. Kemudian ada pembesaran jaringan,” tambah dr Febrina.

Nah, itulah informasi mengenai perbedaan kanker kulut dan sariawan yang dapat admin bagikan. Semoga dengan mengenali lebih dulu apa perbedaan dari kanker mulut dan sariawan biasa, Anda bisa melakukan pengobatan yang tepat terhadap kondisi yang sedang Anda hadapi.

Terimakasih telah berkunjung dan sampai jumpa di artikel berikutnya..

Sumber : viva.co.id , nova.grid.id , health.detik.com

Posted by : Ini Perbedaan Sariawan dan Kanker Mulut on QnC Obat Hepatitis

Baca juga : Tanaman tradisional penyembuh kanker mulut dan cara membuatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *